Sejarah Dan Rahasia Dibalik Antartika

 

Antarctica-pinguin

Antartika merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi, hampir seluruhnya terletak di Lingkar Antartika dan dikelilingi oleh Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Dengan luas 14.0 juta km2 (5.4 juta sq mi), antartika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es yang rata-rata ketebalan minimal 19 kilometer (12 mi), seluruh daratan meluas tetapi di bagian utara mencapai Semenanjung Antartika.

Antartika memiliki kelembaban rata-rata terendah, suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus, benua berangin terkencang, dan memiliki elevasi rata-rata tertinggi dari semua benua. Antartika dianggap sebagai gurun, dengan curah hujan hanya 200   mm (8   inci) di sepanjang pantai dan jauh lebih sedikit di pedalaman. Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun mencapai -89   °C (-129   °F). Populasinya terkecil jauh di bawah yang lain (umumnya dihuni oleh para peneliti dan ilmuwan untuk batas waktu tertentu saja) sekitar 1000 sampai 5000 orang. Hanya organisme yang dapat hidup dan beradaptasi di suhu dingin termasuk berbagai jenis fungi, alga, bakteri, protista, tumbuhan, selain itu hewan seperti penguin, nematoda, anjing laut. Vegetasi yang ada hanya tundra.

Legenda dan spekulasi tentang sebuah Terra Australis (“Tanah Selatan”) sudah ada sejak zaman kuno, penemuan benua yang pertama kali diterima umum terjadi pada 1820 dan pendaratan yang pertama tercatat tahun 1821. Namun, peta yang dibuat Laksamana Piri Reis tahun 1513 memuat sebuah benua selatan yang diduga sebagai pantai Antartika.Antartika merupakan zona bebas, walaupun sampai saat ini masih ada beberapa negara di dunia yang mengajukan klaim kepemilikan wilayah di benua Antartika tersebut.

Namun dari beberapa penjelasan, ada yang mengatakan ada suatu elmbah kering di Antartika. Pertanyaannya lembah kering yang mana? Kan di foto-foto Antartika digambarkan benua yang tertutup oleh Es. Ada juga yang mengatakan ada dunia lain dibalik Tembok Es diAntartika, ada juga yang mengatakan kalo Antartika adalah magnet terkuat dibumi yang dapat menaik jarum kompas untuk selalu menuju Selatan. Nah maka dari itu Library Indo akan membahas Rahasia Dibalik Antartika.

Expedisi Antrtika oleh Admiral Richard E. Byrd

Admiral-Byrd-43.jpg

Kolonel Richard Evelyn Byrd adalah pengelana wilayah kutub dari Amerika Serikat dan penerbang terkenal. Ia lahir pada tanggal 25 Oktober 1888 di Winchester, Virginia. Ia menjelajahi Kutub Utara dan Kutub Selatan. Ia meninggal pada tanggal 11 Maret 1957. Gunung Byrd di pulau Ross, Antarctika dan kawah Byrd diberi nama dengan namanya ia juga mengatakan pernah melihat benua lain selain di bumi, benua itu terdapat banyak sekali SDA

Tokoh penting dalam penjelajahan Antartika, perwira angkatan laut pemegang Medal of Honor, medali tertinggi di militer USA. Ia tercatat sebagai penerbang pertama yang terbang ke Kutub Utara (Artik) dan Kutub Selatan (Antartika) Bisa dibilang ia adalah orang pertama yang mengetahui rahasia dibalik Antartika.

Ia menjelajah Antartika untuk pertama kalinya di tahun 1928-1930 dengan 2 kapal laut dan 3 pesawat udara. Kemudian ia kembali menjelajah di tahun 1934 sendirian selama 5 bulan di Antartika. Penjelajahannya yang ke-3 dilakaukan di tahun 1939-1940 dimana ia ditugaskan oleh pemerintah AS.

Operation Highjump

xd715ed2902dbc9f70a74d568dbe516f8.jpg.pagespeed.ic.GMx2gf9LVs.jpg

Operasi Highjump , yang secara resmi berjudul Program Perkembangan Antartika Angkatan Laut Amerika Serikat, 1946-1947 , adalah operasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Laksamana Muda Richard E. Byrd , Petugas dalam Tugas, Satuan Tugas 68, dan dipimpin oleh Laksamana Muda Richard H. Cruzen , USN, Komandan, Satuan Tugas 68. Operasi Highjump dimulai pada tanggal 26 Agustus 1946 dan berakhir pada akhir Februari 1947

Yang paling fenomenal dari operation highjump ini adalah, ia membawa pasukan militer lengkap, 13 kapal laut, termasuk kapal induk dan 30 pesawat terbang termasuk helikopter dan ini merupakan penjelajahan Antartika terbesar sepanjang kehidupan umat maunusia.

Yang jadi pertanyaan adalah mengapa perlu membawa pasukan sebanya itu? Bahaya apa yang ditakutkan? Sampai sekarang tujuan sesungguhnya tidak terungkap. Dokumensi operation highjump sempat beredar, terlihat bahwa Admiral Bryrd menemukan wilayah di Antartika yang tidak ditutupi salju dan berair hangat yang memungkinkan ada kehidupan lain dibalik tembok es Antarika. Dari dokumen itu diketahui bahwa Antartika kaya akan sember mineral.

Dalam wawancara Adam Byrd di harian chile 1947, ia mengemukakan suatu statement yang mengejutkan. Ia mengatakan bahwa “Amerika perlu melakukan tindakan difensif terhadap serangan musuh yang datang dari kutub selatan”

 

Operation Deep Freeze

576px-Deep_freeze.jpg

Operasi Deep Freeze ( OpDFrz atau ODF ) adalah codename untuk serangkaian misi Amerika Serikat ke Antartika , dimulai dengan “Operation Deep Freeze I” pada tahun 1955-56, diikuti oleh “Operation Deep Freeze II”, “Operation Deep Freeze III”, dan seterusnya. (Ada operasi awal sebelum ‘Deep Freeze’ sebelum Admiral Byrd mengusulkan ‘Deep Freeze’). Mengingat kehadiran AS yang terus berlanjut dan terus-menerus di Antartika sejak tanggal tersebut, “Operation Deep Freeze” telah digunakan sebagai istilah umum untuk operasi AS di benua tersebut, dan khususnya untuk misi reguler untuk memasok ulang basis Antartika AS, yang dikoordinasikan oleh Militer Amerika Serikat.

Ekspedisi ke 5 nya ini dilakukan untuk membangun 3 pangkalan militer di Antartika. Yang jadi pertanyaan jika Antartika kaya akan mineral, kenapa yang dibangun pangkalan militer, bukan  malah mengeksploitasi kekayaan Antartika? Padahal banyak perusahaan yang mengeksploitasi kutub utara dan dinginnya kutub bukanlah menjadi alasan.

Dalam wawancara, Byrd juga mengatakan bahwa ada wilajah seluas Amerika Serikat yang belum pernah dilihat oleh orang lain, letaknya dibagian lain Antartika. Dari sini jelas sekali bahwa Byrd tidak bicara dengan menggunakan peta bumi bola, sebab jika melewati Antartika seharusnya akan bertemu benua lain dibagian selatan khatulistiwa, yakni Amerika Selatan, Afrika Selatan atau Australia. Bryd bicara dengan menggunakan peta bumi datar. Dari pernyataanya dapat di simpulkan bahwa jika kita melewati kutub selatan, maka kita akan bertemu dengan dunia lain yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

peta-bumi-datar-10-abad-yang-lalu-ditemukan-di-kuil-jepang.jpg

Peta itu ditemukan di sebuah kuil di jepang yang di buat sekitar 1000 tahun lalu, Kita lihat yang bulat ditenggah itu adalah peta bumi datar, lingkaran putih adalah lingkaran tembok es Antartika, dibagian luarnya ada lusinan benua sebesar  benua Amerika.

 

Leave a comment